Download Soal Sumatif Bahasa Jawa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Dalam memahami dan mengapresiasi keberagaman budaya, khususnya dalam konteks pendidikan, Bahasa Jawa memiliki peran yang signifikan. Hal ini tercermin dalam penerapan kurikulum Merdeka, di mana Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran yang mendalam. Ujian Sumatif Tengah Semester II (STS II) pada kelas 4 SD dengan kurikulum ini tidak hanya menilai pemahaman siswa terhadap bahasa dan budaya Jawa, tetapi juga menggali kekayaan tradisional yang terwujud dalam tembang dolanan, suatu warisan lisan yang kaya makna. Dengan penuh semangat, siswa dihadapkan pada soal-soal yang menguji pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tembang dolanan.
Pada ujian ini, siswa diuji terkait pemahaman mereka terhadap berbagai aspek dalam tembang dolanan. Dari pengenalan jenis-jenis tembang, ciri khas masing-masing, hingga makna yang tersemat di dalamnya. Mereka tidak hanya diajak untuk mengenal, tetapi juga menganalisis serta mengapresiasi keindahan dan kedalaman makna dalam setiap tembang dolanan yang dihadirkan. Melalui pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat lebih mendalam dalam memahami budaya Jawa yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas nasional.
Pentingnya pemahaman terhadap nilai-nilai budaya dalam tembang dolanan tercermin dalam setiap pertanyaan pada soal ujian ini. Misalnya, pemahaman terhadap kearifan lokal yang tersemat dalam tembang "Golek Jeruk" hingga pengenalan aksara Jawa yang menjadi unsur penting dalam memahami dan menyajikan tembang dolanan secara sahih. Penguasaan terhadap sandhangan aksara, jenis-jenis tembang, dan pemahaman makna tembang mengajarkan siswa lebih dari sekadar materi pelajaran, melainkan juga nilai-nilai luhur budaya yang perlu dilestarikan.
Ujian Sumatif Tengah Semester II (STS II) ini bukan hanya sekadar evaluasi hasil belajar siswa, melainkan juga suatu upaya pelestarian dan pengenalan budaya. Dengan menguasai Bahasa Jawa, siswa tidak hanya memiliki keterampilan komunikasi yang lebih luas, tetapi juga menghargai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Semoga, melalui ujian ini, siswa dapat terus mengembangkan rasa cinta dan kecintaannya terhadap bahasa dan budaya Indonesia, khususnya Bahasa Jawa.
 |
Download Soal Sumatif Bahasa Jawa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka |
Download Disini!! Download Soal Sumatif Bahasa Jawa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka!!
SUMATIF TENGAH SEMESTER II (STS II)
SDN ……………………
KECAMATAN ………………………..
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Tanda tangan
Walimurid Guru Mata Pelajaran: Bahasa Jawa
Nilai
Kelas: IV (EMPAT)
Tanggal: __________________________
Nama: __________________________
No. Absen: __________________________
Berdoalah sebelum mengerjakan!
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!
Salah siji tuladha kaendahane seni lan selaras karo bocah-bocah sing seneng dolanan yaiku ….
a. tembang gedhe
b. tembang dolanan
c. tembang macapat
d. tembang campursari
Ing ngisor iki sing kagolong ciri tembang dolanan yaiku ….
a. cengkok utawa lagune angel
b. ukurane endah lan angel
c. ukurane cekak lan prasaja
d. ukarane dawa-dawa
Tembang dolanan sajrone isine nduweni piwulang marang bocah-bocah ngenani ….
a. kesenian
b. budi pekerti
c. ketrampilan
d. ilmu alam
Wacanen kanggo mangsuli pitakon nomor 4 nganti 8 Jaranan
Jaranan-jaranan jarane jaran teji
Sing numpak ndara Bei
Sing ngiring para mantri
Jeg-jeg nong jeg-jeg gung, prok-prok turut lunung
Gedebug krincing gedebug krincing
Prok-prok gedebug jedher
Apa ira-irahane tembang ing nduwur ….
a. jaranan
b. jaran teji
c. jarane ndoro bei
d. numpak jaran