Instrumen Mengetahui Gaya Belajar Murid (Auditori, Visual, Kinestetik)
![]() |
Instrumen Mengetahui Gaya Belajar Murid (Auditori, Visual, Kinestetik) |
Gaya belajar siswa merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Setiap individu memiliki preferensi dan kecenderungan yang berbeda dalam cara mereka memahami dan mengingat informasi. Untuk membantu mengidentifikasi gaya belajar siswa, kita dapat menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Berikut adalah contoh instrumen dalam bentuk angket yang dapat digunakan untuk mengetahui gaya belajar siswa.
Pertanyaan 1: Pada waktu belajar untuk tes, apakah Anda memilih:
a) Membaca catatan, membaca judul dan sub-judul dalam buku, dan melihat diagram dan ilustrasi
b) Meminta seseorang memberi Anda pertanyaan, atau menghafal dalam hati sendirian
c) Membuat catatan pada kartu dan membuat model atau diagram
Pertanyaan 2: Apa yang Anda lakukan pada waktu mendengarkan musik?
a) Berkhayal (melihat benda-benda yang sesuai dengan musik yang sedang didengarkan)
b) Berdendang mengikuti alunan musik tersebut
c) Bergerak mengikuti musik tersebut, mengetukkan kaki mengikuti irama, dsb.
Pertanyaan 3: Pada waktu Anda memecahkan masalah, apakah Anda:
a) Membuat daftar, mengatur langkah, dan mengeceknya setelah langkah itu dikerjakan
b) Menelpon teman atau ahli untuk membicarakan masalah tersebut
c) Menguraikan (menganalisis) masalah itu atau melakukan semua langkah yang Anda pikirkan
Pertanyaan 4: Jika Anda ingin membaca untuk hiburan, apakah Anda memilih:
a) Buku perjalanan dengan banyak gambar di dalamnya
b) Cerita misteri yang penuh dengan percakapan di dalamnya
c) Buku yang dapat menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah Anda
Pertanyaan 5: Untuk mempelajari bagaimana cara kerja komputer, apakah Anda memilih:
a) Menonton film tentang cara kerja komputer
b) Mendengarkan seseorang menjelaskan cara kerja komputer
c) Membongkar komputer dan mencoba menemukan sendiri cara kerjanya
Pertanyaan 6: Anda baru saja memasuki museum ilmu pengetahuan, apa yang Anda lakukan pertama kali?
a) Melihat sekeliling dan menemukan peta yang menunjukkan lokasi berbagai benda yang dipamerkan
b) Berbicara dengan penjaga museum dan bertanya kepadanya tentang benda-benda yang dipamerkan
c) Melihat pada benda pertama yang kelihatan menarik, dan baru kemudian membaca petunjuk lokasi benda-benda lainnya
Pertanyaan 7: Jenis restoran apa yang tidak Anda sukai?
a) Restoran yang lampunya terlalu terang
b) Restoran yang musiknya terlalu keras
c) Restoran yang kursinya tidak nyaman
Pertanyaan 8: Apakah Anda lebih suka mengikuti:
a) Kelas melukis
b) Kelas musik
c) Kelas olah raga
Pertanyaan 9: Apa yang kira-kira Anda lakukan pada waktu Anda merasa senang?
a) Meringis (tersenyum)
b) Berteriak dengan senang
c) Melompat dengan senang
Pertanyaan 10: Seandainya Anda berada pada suatu pesta, apa yang kira-kira akan paling Anda ingat pada keesokan harinya?
a) Muka orang-orang dalam pesta, tetapi bukan namanya
b) Nama orang-orang dalam pesta, tetapi bukan mukanya
c) Sesuatu yang Anda lakukan dan katakan selama dalam pesta
Pertanyaan 11: Pada waktu Anda bercerita, apakah Anda memilih untuk:
a) Menulisnya
b) Menceritakannya dengan suara keras
c) Memerankannya
Pertanyaan 12: Apa yang paling mengganggu bagi Anda pada waktu Anda mencoba untuk berkonsentrasi?
a) Gangguan visual
b) Suara gaduh
c) Gangguan lainnya seperti rasa lapar, sepatu yang sempit, atau rasa khawatir
Pertanyaan 13: Apa yang kira-kira Anda lakukan pada waktu Anda marah?
a) Cemberut atau memperlihatkan muka marah
b) Berteriak atau "mengamuk"
c) Menghentakkan kaki dengan keras dan membanting pintu
Pertanyaan 14: Apa yang kira-kira akan Anda lakukan pada waktu berdiri menunggu antrian di gedung bioskop?
a) Melihat-lihat pada poster iklan film lainnya
b) Berbicara dengan orang di sebelah Anda
c) Mengetukkan kaki atau berjalan ke arah lain
Mengetahui Gaya Belajar Siswa
Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah pilihan jawaban (a), (b), dan (c) yang muncul.
- Jika skor (a) menonjol, maka gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar visual. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara melihat sesuatu. Siswa menyukai melihat gambar atau diagram, menonton pertunjukan, demonstrasi suatu kegiatan, atau menyaksikan video.
- Jika skor (b) menonjol, maka gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar auditori. Hal ini berarti siswa cenderung belajar dengan cara mendengar sesuatu. Siswa menyukai mendengar pidato, ceramah guru menerangkan, mendengarkan radio atau kaset, berdebat, atau berdiskusi.
- Jika skor (c) menonjol, maka gaya belajar siswa yang paling dominan adalah gaya belajar kinestetik. Hal ini berarti siswa cenderung belajar melalui aktivitas fisik dan melibatkan diri langsung. Siswa suka menyentuh, merasakan, membongkar sesuatu, atau melakukan olah tubuh.
Dengan mengetahui gaya belajar siswa, pendidik dapat mengatur metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan preferensi siswa. Hal ini akan membantu siswa memahami bahan pelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan prestasi belajar mereka. Jika memungkinkan, kolaborasi antara pendidik, siswa, dan orang tua dapat memperkuat upaya penyesuaian metode pembelajaran demi kesuksesan akademik dan perkembangan holistik siswa.