SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII

SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII



Penilaian Akhir Semester Gasal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII

Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pembentukan karakter individu, dan pendidikan agama Islam serta budi pekerti memiliki peran yang sangat vital dalam proses ini. Di tingkat sekolah menengah atas, khususnya pada kelas XII, evaluasi dan penilaian menjadi momen penting untuk mengukur pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Inilah yang disebut sebagai Penilaian Akhir Semester Gasal (PAS Gasal), yang menilai pencapaian siswa selama satu semester pertama.

Penilaian Akhir Semester Gasal (PAS Gasal) adalah salah satu tahapan penilaian penting dalam sistem pendidikan Indonesia. PAS Gasal memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah memahami dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang penilaian ini dan pentingnya pemahaman dan pengembangan budi pekerti dalam pendidikan.


  1. Ikatan lahir dan batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri untuk membentuk keluarga yang bahagia dan sakinah, mawaddah, warahmah adalah arti perkawinan menurut Undang - undang perkawinan ....

  1. Nomor 29 Tahun 1975

  2. Nomor 2 Tahun 1978

  3. Nomor 1 Tahun 1975

  4. Nomor 74 Tahun 1990

  5. Nomor 1 Tahun 1974

  1. Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar sebuah pernikahan menjadi sah disebut...

  1. Aturan nikah

  2. Haram nikah

  3. Sunnah nikah

  4. Tertib nikah

  5. Rukun nikah

  1. Pernikahan merupakan ikatan lahir dan batin bagi seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebagai suami istri yang dilandasi dengan iman dan taqwa, perasaan cinta dan kasih sayang. Perhatikanlah ketentuan-ketentuan berikut ini:

  1. Calon mempelai laki-laki dan perempuan

  2. Ijab dan qobul

  3. Wali dari mempelai putri

  4. Khutbah nikah

  5. Mahar (maskawin)

  6. Dua orang saksi

Yang termasuk rukun nikah terdapat pada nomor ...

  1. 3, 4, 5, 6

  2. 1, 2, 3, 6

  3. 4, 3, 2, 1

  4. 1, 4, 5, 6

  5. 2, 3, 4, 5

  1. Aditya akan melaksanakan akad nikah dengan Auliya, kedua mempelai telah hadir, tetapi karena alasan tertentu, ayah mempelai wanita tidak datang dan digantikan oleh pihak lain yang ditunjuk ayahnya. Sementara itu, seorang saksi telah hadir dan siap bertindak sebagai saksi. Akhirnya prosesi akad nikah dilasanakan juga dengan kehadiran seorang saksi. Konsekuensi hukum dari pernikahan tersebut adalah .….

  1. Tidak sah karena wali nikah harus dari ayah kandung

  2. Sah karena semua rukun pernikahan sudah terpenuhi

  3. Sah karena wali dapat digantikan oleh wali hakim

  4. Tidak sah karena syarat saksi tidak terpenuhi

  5. Sah karena semua syarat telah terpenuhi.


  1. Question Image



 

Jika ada sepasang kekasih melakukan hubungan badan layaknya suami-istri di luar nikah kemudian melangsungkan pernikahan (karena suatu ‘kecelakaan” atau MBA: Marriage by Acident), maka latar belakang pernikahan tersebut bertentangan dengan tujuan pernikahan, yaitu:

  1. Membina rasa cinta dan kasih sayang

  2. Mengikuti Sunah Rasulullah Muhammad saw.

  3. Memperoleh kebahagiaan dan ketenangan hidup

  4. Memenuhi kebutuhan seksual yang sah dan diridhai Allah Swt.

  5. Memperoleh Keturunan yang sah

  1. Banyaknya kasus pengguguran janin (aborsi) yang dilakukan oleh sepasang laki-laki dan perempuan di luar nikah, ataupun kasus pembuangan bayi di suatu tempat oleh orangtuanya adalah bentuk perilaku yang bertentangan dengan hikmah/manfaat pernikahan, yaitu ….

  1. Pernikahan merupakan jalan keluar yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan seksual

  2. Pernikahan merupakan jalan terbaik untuk memuliakan anak, memperbanyak keturunan, melestarikan hidup manusia, serta memelihara nasab/keturunan

  3. Pernikahan akan mempererat tali kekeluargaan yang dilandasi rasa saling menyayangi sebagai modal kehidupan masyarakat yang aman dan sejahtera

  4. Pernikahan menimbulkan sikap rajin dan sungguh-sungguh dalam bekerja karena adanya rasa tanggung jawab terhadap keluarganya

  5. Pernikahan menumbuhkan naluri kebapakan dan keibuan yang menumbuhkan pula perasaan cinta dan kasih sayang

  1. Wali, yaitu bapak kandung mempelai wanita, penerima wasiat atau kerabat terdekat, dan seterusnya sesuai dengan urutan ashabah wanita tersebut, atau orang bijak dari keluarga wanita, atau pemimpin setempat. Dibawah ini yang termasuk syarat wali adalah…….

  1. Mahram si wanita

  2. Bukan mahram si laki-laki

  3. orang yang di kehendaki

  4. Tetangga dekat rumah

  5. Bukan Mahram si wanita

  1. Agus berkata " Saya terima nikahnya Fatimah binti Abdurrahman dengan mas kawin perhiasan emas seberat 20 gr dan seperangkat alat sholat tunai ". Ucapan Agus tersebut merupakan contoh….

  1. Akad

  2. Sighat

  3. Qabul

  4. Ijab

  5. Mahar

  1. Talaq yang membolehkan mantan suami kembali ruju' kepada istri tanpa melalui akad nikah lagi, disebut dengan talaq ...

  1. Khulu'

  2. Raj'i

  3. Fasakh

  4. Ba'in kubra

  5. Ba'in sugra

  1. "Kamu seperti punggung ibuku", demikian perkataan Rozali kepada istrinya yang bernama Zulaikha, ucapan tersebut merupakan contoh ...

  1. Ila'

  2. Zihar

  3. Ihdad

  4. Li'an

  5. Ta'liq talaq

  1. Menikah secara bahasa berarti berkumpul, menggabungkan, atau menjodohkan. Berikut ini pengertian menikah menurut agama Islam yang benar adalah ...

  1. Ikatan lahir dan batin antara laki-laki dan perempuan dengan tujuan membentuk keluarga berdasarkan Ketuhanan YME

  2. Perjanjian antara laki-laki dan perempuan untuk bersuami istri secara resmi

  3. Ikatan lahir dan batin antara laki-laki dan perempuan untuk membangun suatu rumah tangga

  4. Menghalalkan pergaulan antara laki-laki dengan perempuan bukan mahramnya melalui Ijab qobul yang menimbulkan hak dan kewajiban diantara keduanya.

  5. Ikatan lahir antara laki-laki dan perempuan

  1. Hukum nikah bagi orang yang telah mampu secara fisik, mental, ekonomi maupun akhlak untuk melakukan pernikahan, mempunyai keinginan untuk menikah dan jika tidak menikah dikhawatirkan akan jatuh pada perbuatan zina adalah hukum nikah...

  1. Haram

  2. Sunah

  3. Makruh

  4. Mubah

  5. Wajib

  1. Hukum nikah bagi orang yang telah mempunyai keinginan untuk menikah namun tidak dikhawatirkan jatuh pada perbuatan zina adalah hukum nikah...

  1. Makruh

  2. Sunah

  3. Haram

  4. Mubah

  5. Wajib

  1. Hukum nikah bagi orang yang mampu nikah tetapi khawatir akan menyakiti wanita yang akan dinikahinya atau mendzalimi hak-hak istri dan buruknya pergaulan yang dia miliki dalam memenuhi hak-hak manusia, atau tidak mengharapkan keturunan adalah hukum nikah...

  1. Makruh

  2. Haram

  3. Wajib

  4. Sunah

  5. Mubah

  1. Pernikahan berstatus sah jika antara lain ada walinya. Adapun orang yang sah menjadi wali pengatin wanita sebagai berikut, kecuali ....

  1. Kakek mempelai wanita

  2. Paman dari pihak ayah

  3. Anak laki-laki saudara sebapak

  4. Saudara tiri laki-laki dari mempelai wanita

  5. Bapak pengantin wanita

  1. Kewajiban seorang Suami terhadap Istri dibawah ini kecuali ....

  1. Memberi kebebasan kepada Istri sepanjang sesuai dengan norma Islam

  2. Memberi Nafkah

  3. Bergaul dengan Istri dengan kasar

  4. Menjadi Pemimpin

  5. Bergaul dengan istri secara makruf

  1. Kewajiban Istri terhadap Suami dibawah ini kecuali ...

  1. Selalu menjaga diri dan kehormatan keluarga

  2. Membantu suami dalam mengatur rumah tangga

  3. Keluar rumah tanpa izin suami

  4. Taat kepada perintah suami

  5. Bersyukur atas nafkah yang diterima

  1. Talak yang disebabkan oleh keinginan istri ditalak suami disebut juga ...

  1. Li'an

  2. Ila'

  3. Fasakh

  4. Khuluk

  5. Zihar

  1. Tuduhan suami bahwa istrinya telah melakukan zina atau berupa penolakan bahwa anak yang dikandung istri bukan anaknya disebut juga ...

  1. Li'an

  2. Fasakh 

  3. Talaq

  4. Ila'

  5. Khuluk

  1. Istri yang dicerai suami dalam keadaan masih bisa haid berarti masa Iddahnya ...

  1. 4 kali suci

  2. 5 kali suci

  3. 3 kali suci

  4. 1 kali suci

  5. 2 kali suci

  1. Iman kepada hari akhir harus dapat di buktikan dengan...

  1. Kesungguhan hati

  2. Kemantapan hati

  3. Pembacaan dua kalimat syahadat

  4. Sikap dan perbuatan sehari-hari

  5. Percaya adanya hari akhir

  1. Setelah manusia meninggal dunia, mereka berada di alam pembatas antara dunia dan akhirat yang disebut alam ....

  1. ba'ats

  2. mahsyar

  3. barzakh

  4. hisab

  5. jaza'

  1. Pengadilan Allah SWT di alam akhirat sangat adil dan teliti, tidak seorang pun yang dirugikan, manusia berhak masuk surga karena ketakwaannya. Sebaliknya, mereka akan masuk neraka karena kedurhakaannya. Pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir adalah ...

  1. menuruti semua keinginan teman

  2. sangat hati-hati saat ada keinginan untuk berbuat buruk

  3. memberikan dorongan untuk selalu bersikap optimis

  4. disiplin dalam melaksanakan ibadah shalat lima waktu

  5. senantiasa bertakwa kepada Allah SWT


  1. Tanda-tanda seseorang mengimani Hari Akhir, di antaranya adalah ....

  1. tidak mau menerima jabatan duniawi

  2. selalu mengingat tanda-tanda datangnya Hari Akhir dengan baik

  3. selalu berusaha ikhlas dalam melakukan pekerjaan

  4. mengabaikan urusan dunia yang bersifat fana

  5. takut menghadapi kematian


  1. Question Image

QS. Az-Zalzalah ayat 1 tersebut menceritakan tentang terjadinya Hari Akhir yaitu ....

  1. bumi digoncangkan dengan goncangan yang dahsyat

  2. matahari digulung

  3. bintang-bintang berjatuhan

  4. gunung-gunung dihancurkan

  5. bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandungnya

  1. Contoh kiamat kubra adalah.....

  1. Hancurnya seluruh alam dan seisinya

  2. Adanya banjir bandang

  3. Terjadinya bencana alam diwilaya tertentu

  4. Kematian seseorang

  1. Kehidupan manusia di jagat raya ini kelak akan berakhir. Semua alam raya, bintang-bintang di langit akan meredup, deburan ombak akan berhenti, gunung-gunung hancur, dan alam luluh lantak. Manusia bagai anai-anai berserakan. Pada tahap selanjutnya, manusia akan ditimbang semua amal perbuatannya. Hari penimbangan amal perbuatan manusia disebut ….

  1. Yaumul Qiyamah

  2. Yaumul  Mizan

  3. Yaumul Hisab

  4. Yaumaul Mahsyar

  5. Yaumul Ba’as

  1. Kiamat sughra yang dijelaskan dalam ayat  كٌلٌ نَفْسٍ ذَا أِقَةٌ امَوْتِ  yaitu ...

  1. Wabah penyakit

  2. Banjir bandang

  3. Kematian makhluk

  4. Tsunami

  5. Gunung meletus

  1. Pernyataan di bawah ini yang dimaksud dengan Yaumul Ba'ats adalah...

  1. Hari ketika Allah swt memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk di hisab

  2. Hari setelah seluruh manusia di hisab dan melalui timbangan, mereka diberikan balasan yang sesuai dengan amal perbuatannya

  3. Hari kebangkitan manusia dari kuburnya

  4. Hari berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan

  5. Hari ketika Allah swt memperlihatkan semua amalan di akhirat untuk di hisab

  1. Yang bukan termasuk perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir adalah…

  1. Menyantuni, memelihara, mengasuh, dan mendidik anak yatim

  2. Selalu bertakwa kepada Allah swt.

  3. Disiplin dalam melakukan shalat lima waktu

  4. Mencintai fakir miskin yang diwujudkan dengan sedekah

  5. Menghabiskan waktunya untuk berdzikir di dalam masjid

  1. Setelah dibangkitkan dari dalam kubur, manusia berbondong-bondong menuju suatu tempat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tempat yang dimaksud adalah…

  1. padang ilalang

  2. padang mahsyar

  3. padang arafah

  4. neraka

  5. sirat al-Mustaqim

  1. Ahmad adalah seorang pelajar yang sholeh, dalam kehidupanya selalu berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak, karna dia yakin semua yang dilakukan didunia, akan di minta pertanggung jawabannya nanti di akhirat, ilustrasi diatas merupakan cerminan dari ....

  1. Perilaku beriman kepada Hari Akhir

  2. Perilaku mulia beriman pada Qada dan Qadar

  3. Perilaku mulia beriman pada Malaikat

  4. Perilaku mulia beriman kepada kitab Allah

  5. Perilaku Mulia beriman kepada Nabi

  1. Hafid membaca lafal berikut......وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ – ٢  melalui ayat tersebut Hafid mengetahui gambaran tentang hari kiamat yaitu...

  1. manusia berlarian kesana kemari karena ketakutan

  2. semua gunung meletus dan mengeluarkan lahar

  3. bumi mengeluarkan seluruh bebatuan berat dan panas

  4. bintang-bintang dan meteor berjatuhan

  5. bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya


وَلِكُلِّ اُمَّةٍ اَجَلٌۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ (٣٤) 

Contoh peristiwa sesuai ayat tersebuat adalah...

  1. Deni berhasil menjadi juara lomba baca al Qur'an

  2. Pak Amin meninggal dunia seusai melaksanakan shalat subuh

  3. Ade meyakini hancurnya alam semesta pada hari kiamat

  4. Bu Vika melahirkan bayi laki-laki di rumah sakit

  5. Dewi dan Agung melangsungkan akad nikah di KUA



  1. Salah satu hikmah tidak diketahuinya waktu terjadinya kiamat adalah...

  1. agar manusia selalu mencari kebahagiaan dunia tanpa rasa khawatir

  2. agar manusia selalu giat bekerja

  3. agar mansuia tidak cemas dan gelisah atas kedatangan hari kiamat

  4. agar manusia tetap beribadah dan mencegah diri dari perbuatan maksiat tanpa memperhatikan kapan terjadinya kiamat

  5. agar manusia tidak ketakutan dibayangi oleh kejadian mengerikan

  1. Keterkaitan antara berpikir kritis dengan ciri orang yang berakal (ulil Albab) sesuai dengan pesan Qs,Ali Imron ayat 190 - 191 adalah,,,,

  1. bekerja keras supaya memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera di dunia

  2. melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi untuk menggapai cita-cita dan memperoleh pekerjaan dan karir yang bagus

  3. melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi supaya tidak ketin ggalan oleh negara lain

  4. berbuat dan mengumpulkan amal sholih sebanyak-banyaknya untuk kehidupan pasca kematian,supaya memperoleh kehidupan yang baik di dunia dan memperoleh sukses di akhirat

  5. mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya untuk bekal masa depan

  1. Arti yang tepat pada potongan ayat QS. Ali Imran ayat 190

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ adalah....

  1. dalam pergantian siang dan malam

  2. sesungguhnya dalam pergantian siang dan malam

  3. sesungguhnya dalam penciptaan manusia

  4. sesungguhnya dalam penciptaan alam semesta

  5. sesugguhnya dalam penciptaan langit dan bumi


الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّار

kandungan ayat tersebut adalah....

  1. Berpikir kritis

  2. Berfikir dan berzikir

  3. Ikhtiar dan Raja'

  4. Tawakkal dan sabar

  5. Berikir demokratis

  1. Tentukan yang manakah yang termasuk asbabun nuzul dari Q.S Al-Imran (3): 190-191 berdasarkan jawaban di bawah ini

  1. Tentang orang quraisy mendatangi nabi agar Muhammad agar berdoa dan menjadikan bukit safa menjadi emas

  2. Menurut riwayat ibnu abas bahwa setelah perang badar rasulullah meminta pendapat tentang para tawanan perang badar yang terjadi adanya perbedaan pendapat antara abu bakar dan umar bin khatab

  3. Bahwa ada segolongan manusia yang menyembah jin kemudian jin itu memeluk islam namun sebagian yang lain masih menyembah jin

  4. Kaum quraisy berusaha mempengaruhi nabi Muhammad dengan menawarkan harta kekayaan dan menikahi wanita mana saja dengan syarat menyembah tuhan mereka selama setahun

  5. Ayat ini turun karena adanya permasalahan sa’ad bin abi waqash saat dirinya memeluk islam dan ibunya tidak setuju hingga tidak mau makan dan minum selama tiga hari, lalu sa’ad menemui nabi Muhammad lalu turunlah ayat ini

  1. Dalam Q.S Al-Imran (3): 190-191 Allah menyebutkan tentang ulil albab (orang-orang yang berakal). Manusia dikaruniai pikiran dan akal untuk memilih yang benar dan yang salah. Namun tidak semua yang berpikir mampu menggunakan akalnya. Dari pernyataan di bawah ini, yang manakah yang termasuk ke dalam ciri ulil albab

  1. Bertindak dengan tergesa-gesa

  2. Bersungguh-sungguh menggali ilmu pengetahuan

  3. Gampang menerima suatu teori tanpa menguji dan membuktikan kebenarannya

  4. Sanggup mengambil pelajaran dari sejarah umat terdahulu

  5. Mengikuti trend yang terjadi meskipun tanpa harus menelaah kebaikan dan keburukannya

  6. Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi adanya bahaya

  1. 4, 5, 6

  2. 1, 3, 5

  3. 2, 4, 6

  4. 2, 4, 6

  5. 2,3, 4

  1. Yang tidak termasuk aspek tarbiyah (pendidikan) dari isi kandungan QS. Ali imron ayat 190-191 adalah..

  1. Dalam menghadapi semua masalah harus dengan lemah lembut melalui jalur musyawarah untuk mufakat, tidak boleh dengan kasar dan perilaku yang keras

  2. Jika seseorang memiliki renungan, ia memiliki pelajaran dalam segala perkara.

  3. Hendaknya manusia mempercayai bahwa semua penciptaan Alah tidak ada yang sia-sia.

  4. Akal manusia hendaknya digunakan untuk memikirkan, menganalisa, dan menafsirkan segala ciptaan Allah.

  5. Dalam belajar tidak diperbolehkan memikirkan Dzat Allah, karena manusia mempunyai keterbatasan dalam hal tersebut dan dikhawatirkan akan terjerumus dalam berpikir yang tidak sesuai

  1. salah satu manfaat berfikir kritis adalah....

  1. Senantiasa berpikir jauh kedepan dan makin termotivasi untuk menjadi orang yang visioner

  2. Senantiasa bersyukur kepada Allah atas anugerah akal sehat

  3. Membaca dan menganalisa gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bencana

  4. Melakukan kajian –kajian terhadap ayat Al-quran secara lebih mendalam bersama pakar di bidang masing- masing

  5. Semakin bersemangat untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan diakhirat dengan meningkatkat amal sholih dan meninggalkan kemaksiatan

  1. Perhatikan pernyataan di bawah ini,

  1. Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. atas anugerah akal sehat;

  2. Melakukan kajian-kajian terhadap ayat-ayat al-Qur'an secara lebih mendalam bersama para pakar di bidang masing-masing;

  3. Menjadikan ayat-ayat al-Qur'an sebagai inpirasi dalam melakukan penelitianpenelitian ilmiah untuk mengungkap misteri penciptaan alam;

  4. Menjadikan ayat-ayat kauniyah (alam semesta) sebagai inspirasi dalam mengembangkan IPTEK;

  5. Membaca dan menganalisis gejala alam untuk mengantisipasi terjadinya bahaya;

Pernyataan di atas termasuk....

  1. tujuan berpikir kritis

  2. hakekat berpikir kritis

  3. manfaat dan hakekat berpikir kritis

  4. manfaat berpikir kritis

  5. perilaku mulia berpikir kritis.

  1. Bacalah dengan cermat pernyataan-pernyataan di bawah ini!

  1. Pengurus Rohis mengadakan musyawarah dalam rangka mengadakan studi banding

  2. Ketua OSIS menetapkan peraturan yang harus ditaati oleh semua anggotanya.

  3. Warga kampung mengadakan rapat untuk melakukan kegiatan bersama dalam rangka hari ulang tahun kampung.

  4. Ketua kelas mengadakan rapat untuk pembentukan kelompok piket kerja harian

  5. Haris sebagai ketua kelas, menetapkan sendiri tugas kelompok kebersihan kelas

Dari lima pernyataan tersebut yang mencerminkan pengamalan dari QS. Ali Imran Ayat 159 adalah ….

  1. pernyataan nomor 1, 2, dan 3.

  2. pernyataan nomor 2, 3, dan 4.

  3. pernyataan nomor 2, 4, dan 5.

  4. pernyataan nomor 1, 3, dan 4.

  5. pernyataan nomor 1, 2, dan 4.


فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

kandungan potongan QS. Ali Imran ayat 159 tersebut adalah....

  1. larangan menolong orang jahat

  2. katakan yang benar walaupun pahit

  3. anjuran untuk berlemah lembut

  4. anjuran bermusyawarah

  5. anjuran menolong orang lemah

  1. Di antara pernyataan di bawah ini manakah yang termasuk ciri orang yang mengimplementasikan Q.S Al-Imran (3): 159 dan hadist terkait

  1. Bersikap lemah lembut jika hendak menyampaikan pendapat

  2. Menghargai pendapat orang lain

  3. Menumbuhkan perasaan negatif dan prasangka buruk dengan orang yang berbeda pendapat dengan kita

  4. Bersikeras mempertahankan pendapat pribadi karena yakin yang paling benar

  5. Menerima keputusan musyawarah dengan ikhlas

  6. Bersikap diskriminatif terhadap pihak yang berlainan paham

  1. 2, 4, 6

  2. 4, 5, 6

  3. 1, 2, 3

  4. 1, 2, 5

  5. 2, 3, 4

  1. Musyawarah merupakan suatu upaya memecahkan berbagai masalah secara bersama, dan sikap bijaksana setelah terjadi kesepakatan. Maksud dari kandungan Q.S Ali-Imran/3: 159 tersebut adalah…

  1. Menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah SWT semata

  2. Memberikan dukungan sepenuhnya atas keputusan yang dibuat tapi tidak ikut melaksanakan

  3. Berusaha tidak berkhianat

  4. Saling menyalahkan jika terjadi kegagalan

  5. Melaksanakan sesuatu yang disepakati

  1. Sikap demokratis sangat melekat pada diri Rasulullah SAW. Bukti bahwa beliau memiliki sikap demokratis adalah ....

  1. Menerima berbagai pendapat dan suara dari para sahabat-sahabatnya

  2. Mengadakan pemilu untuk gubernur daerah jajahan Islam

  3. Tidak menerima masukan apapun, semua bergantung wahyu

  4. Menunjuk seseorang tanpa alasan

  5. Mengadakan pemilihan ketua dalam melakukan peperangan melawan kaum kafir

  1. Perintah yang terkandungan pada potongan ayat وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ adalah...

  1. perintah untuk berbuat baik

  2. perintah untuk bermusyawarah

  3. perintah untuk bersedekah

  4. perintah untuk shalat

  5. perintah untuk berinfak

  1. Salah satu bentuk perilaku demokrasi yang diceritakan dalam kitab suci Al-Qur’an yaitu Q.S Ali-Imran/3: 159 adalah peristiwa…

  1. Perdebatan nabi Yusuf dan Siti Zulaikha

  2. Pembicaraan Nabi Nuh a.s dengan putranya ketika air bah datang

  3. Pembicaraan antara Nabi Adam dengan Siti Hawa di surga

  4. Pembicaraan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat setelah Perang Uhud usai dan beberapa sahabat meninggalkan pos jaga panah

  5. Perdebatan antara Nabi Musa a.s dan Nabi Harun a.s tentang Samiri



I am admin https://jumankera.com

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)