Capaian Pembelajaran Informatika Fase D
A. Rasional Mata Pelajaran Informatika
B. Tujuan Mata Pelajaran Informatika
- Berpikir komputasional, yaitu terampil menciptakan solusi-solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif;
- Memahami ilmu pengetahuan yang mendasari Informatika, yaitu sistem komputer, jaringan komputer dan internet, analisis data, algoritma dan pemrograman, serta menyadari dampak Informatika terhadap kehidupan bermasyarakat.
- Terampil berkarya dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana, dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses rekayasa, serta mengintegrasikan pengetahuan bidangbidang lain yang membentuk solusi sistemik.
- Terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, melakukan evaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya, dengan memanfaatkan TIK yang sesuai.
- Menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital, sehingga mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan perangkat teknologi informasi disertai kepedulian terhadap dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.
C. Karakteristik Mata Pelajaran Informatika
![]() |
Capaian Pembelajaran Informatika Fase D |
- TIK : Teknologi Informasi dan Komunikasi
- SK : Sistem Komputer
- JKI : Jaringan Komputer dan Internet
- AD : Analisis Data
- AP : Algoritma dan Pemrograman
- DSI : Dampak Sosial Informatika
D. Elemen Pada Mata Pelajaran Informatika
E. Capaian Pembelajaran Informatika Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
BK |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan
berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dalam menyelesaikan
persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir
komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan
literasi sains (computationally literate) |
TIK |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan
praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi
peramban untuk pencarian informasi di internet, Content Management
System (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas
TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan
interpretasi data |
SK |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu
mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk
sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi
untuk penyimpanan data dalam memori komputer |
JKI |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami
konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, konektivitas
internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet) |
AD |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu mengakses,
mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan
sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari
situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan
menggunakan perkakas TIK atau manual |
AP |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami
objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual)
untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang
diberikan, mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau
presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke
bahasa visual lainnya, dan mengenal pemrograman tekstual sederhana |
DSI |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami
ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami
keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat,
menerapkan etika dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital |
PLB |
Pada akhir fase D, peserta didik mampu bergotong
royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi,
menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan
masyarakat serta mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam
bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis |
Sumber:
SK Kemendikbudristek No. 033/H/KR/2022