Download Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase D Kelas VIII SMP/MTs

Download Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase D Kelas VIII SMP/MTs


Pendidikan Pancasila merupakan salah satu materi penting yang diajarkan kepada peserta didik pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pendidikan Pancasila bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang sejarah, nilai-nilai, dan implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara. Pada fase D kelas VIII SMP/MTs, peserta didik diharapkan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Download Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase D Kelas VIII SMP/MTs


Salah satu capaian pembelajaran pada fase D adalah kemampuan peserta didik dalam menganalisis kronologis lahirnya Pancasila. Peserta didik diharapkan mampu memahami proses terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

Selanjutnya, pada fase D ini, peserta didik diharapkan mengenal Pancasila sebagai ideologi negara dan memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. Mereka juga diharapkan mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam konteks ini, penting bagi peserta didik untuk melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mencakup sikap, perilaku, dan tindakan yang mencerminkan semangat gotong royong, persatuan, dan kesatuan bangsa.

Selain itu, pada fase D ini, peserta didik juga diharapkan memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mereka juga diharapkan memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi dan bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya, peserta didik diharapkan memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya serta mematuhi pentingnya norma dan aturan. Hal ini penting dalam menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara serta untuk menciptakan masyarakat yang tertib dan beradab.

Pada fase D ini juga penting bagi peserta didik untuk mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Mereka diharapkan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Peserta didik juga diharapkan dapat menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal, dan budaya serta menjadi agen perubahan dalam melestarikan praktik nilai-nilai tersebut dalam masyarakat global.

Selain itu, peserta didik juga diharapkan mampu mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan memiliki wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka diharapkan dapat menjaga keutuhan wilayah NKRI dan menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila. Mereka juga diharapkan dapat mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara serta hubungan negara dengan warga negara dalam berbagai bidang.

Dalam fase D ini, peserta didik diharapkan dapat menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara. Kemampuan ini akan membekali peserta didik dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur pemerintahan dan tata kelola negara.

Dengan mencapai seluruh kompetensi pada fase D ini, peserta didik diharapkan dapat menjadi warga negara yang cerdas, bertanggung jawab, dan mampu berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang bermanfaat bagi para pembaca.

Link Download Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase D Kelas VIII SMP/MTs

Selamat datang di artikel ini! Artikel ini menyediakan link download untuk Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila Fase D kelas VIII SMP/MTs. Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kesadaran bela negara peserta didik. Melalui link download yang disediakan, Anda dapat mengakses secara mudah dan menyeluruh materi capaian pembelajaran yang mencakup pemahaman tentang sejarah, nilai-nilai, dan implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara. Selamat mempelajari dan semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami lebih dalam mengenai Pancasila dan peran pentingnya bagi bangsa dan negara.

I am admin https://jumankera.com

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)