Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA
![]() |
Judul PTK Bahasa Indonesia Jenjang SMP/SMA |
Pada kali ini, Jumankera berniat untuk membagikan beberapa judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). PTK atau karya tulis ilmiah merupakan salah satu syarat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bercita-cita untuk menaikkan pangkat.
Judul-judul PTK yang kami bagikan ini merupakan hasil dari jasa pembuatan PTK yang kami terima dan kami rangkum sepanjang beberapa tahun. Berikut adalah kumpulan judul PTK Bahasa Indonesia untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013:
Berikut ini adalah beberapa judul penelitian tindakan kelas bahasa Indonesia jenjang SMP/SMA:
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Cerita Rakyat dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar
- Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
- Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Evaluasi Penerapan Teknik Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Implementasi Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Prosa Siswa
- Analisis Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- Penerapan Metode Role Play untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Memahami Teks Puisi Siswa
- Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Analisis Keterampilan Menulis Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
- Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Drama Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menulis Siswa
- Penerapan Metode Permainan Edukasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Analisis Kemampuan Memahami Teks Deskripsi Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- 23. Penerapan Metode Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Eksposisi Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
- Analisis Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Argumentasi Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
- Analisis Kemampuan Memahami Teks Analytical Exposition Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Round Robin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi Siswa
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Analisis Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Deskripsi Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
- Analisis Kemampuan Memahami Teks Argumentasi Siswa dan Upaya Peningkatannya
- Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa
- Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Round Robin dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
- Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berbicara Siswa dalam Bahasa Indonesia
- Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.