Soal UKMPPG Pedagogik dan Kunci Jawabannya
Berikut ini merupakan Soal UKMPPG Pedagogik dan Kunci Jawabannya yang dapat teman-teman peserta PPG gunakan dalam menghadapi Ujian UKMPPG. Dalam menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) setidaknya teman-teman dapat mempelajari soal-soal dibawah ini.![]() |
Soal UKMPPG |
1) Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2) Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam
perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan
kognitif anak adalah...
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
3) Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih
terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/ - 14/15 tahun
4) Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang
menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan
tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka
tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya
(sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek
yang bersifat konkrit (operasional formal)
5) Seorang peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi
dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki
kecerdasan…
A. Moral
B. spiritual
C. Sosial emosional
D. Kognitif
6) Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok
belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat.
Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan
diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami
permasalahan dalam perkembangan...
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
7) Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan
melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan
belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
8) Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan
memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami
kesulitan
9) Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh
guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta
didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
10) Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk
mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor
sosial adalah …
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
11) Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara
rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat
diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi,
maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar
yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
12) Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana
ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba
(trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi
atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya
itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar…
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
13) Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai
fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada
siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang
pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah …
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
14) Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa
terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan
belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan
teori belajar …
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. kognitifisme
15) Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
16) Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari...
A. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,
indikator, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan
pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi,
langkah-langkah pembelajaran
17) Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
adalah ....
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan
berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
18) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari...
A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya
mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai
KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan
belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
19) Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia
peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas
harus lebih menekankan…
A. Penggunaan media, alat peraga
termasuk sumber belajar
B. Pemberian tugas yang tersetruktur
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah
20) Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu
pembelajaran adalah...
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu
sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
Demikian Soal UKMPPG Pedagogik dan Kunci Jawabannya yang dapat teman-teman peserta PPG gunakan dalam menghadapi Ujian UKMPPG. Semoga bermanfaat!